Rabu, 17 Juli 2013

Ramadhan di Norwegia (2)

Syukur alhamdulillah... episode Terlewat Sahur kemarin dapat kami lalui dengan selamat. Berpuasa nyaris 24 jam itu ternyata sesuatu sekali! Percayalah, hal ini terdengar lebih berat dibandingkan menjalankannya sendiri. Memang, badan terasa lemas dan kepala terasa pusing lima keliling karena kurangnya asupan energi sehari semalam. Tapi aku percaya kekuatan niat dan doalah yang menyebabkan ibadah puasa di musim panas ini terasa ringan. 

Sholat dhuha, jalan-jalan dengan si bocah, tadarrus Qur'an, bebersih rumah, masak, bercengkerama dengan keluarga kecilku, sampai jadwal mengaji dan belajar si bocah, bisa terlaksana dengan baik. Dan ternyata masih banyak waktu luang yang tersisa. Kupakai saja untuk tidur. Bukankah tidurnya orang yang berpuasa itu berpahala? Asalkan... tidur itu dikerjakan untuk menyimpan energi demi melaksanakan ibadah-ibadah Ramadhan, bukan tidur sekedar bermalas-malasan atau karena tidak ada kerjaan lain ya...

Menjelang tengah malam, berbekal jadwal kalender Ramadhan yang tertempel di dinding, aku dan suami berbuka puasa. Anehnya, tak ada rasa kalap ingin menghabiskan hidangan satu meja! Cukup segelas air, tiga butir kurma ajwah dan segelas es melon serut, plus seporsi kecil nasi beserta lauk - pauknya sudah membuatku kenyang, tidak terlalu kenyang hingga badan terasa berat diajak sholat maghrib, isya' dan tarawih berjamaah berdua dengan suami. Lega rasanya hari puasa perdana kemarin terlewati dengan hikmat dan tanpa mengeluh.

Alhamdulillah tadi bisa sahur dengan waktu yang cukup; berkat strategi "pasang tiga alarm di samping tempat tidur"!

Dan saat ini aku sedang menemani si bocah sarapan. Mungkin besok dia mulai bisa belajar puasa lagi. Agenda hari ini terfokus untuk tadarrus dan "homeschooling" matematika dan mengaji bersama si bocah kesayangan ayah bunda.

Matahari bersinar cerah, sahur cukup, istirahat cukup, kesehatan prima, insya Allah puasa kami hari ini dan seterusnya berjalan lebih baik dan lebih bersemangat dibanding hari sebelumnya.

Doa dan semangat yang sama ingin kutularkan juga untuk semua teman dan sahabatku di belahan dunia manapun kalian berada!

11 Juli 2013

* Bagi rekan yang ingin mengenal lebih dekat dengan penulisnya, silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar