Senin, 19 September 2011

KERENDAHAN HATI


Kerendahan hati merupakakan salah satu bahan (ingredients) yang paling penting dalam karakter seseorang yang telah menemukan jati dirinya, disamping intergritas, pasrah,rela memaafkan dan pengendalian diri.

Kerendahan hati juga merupakan salah satu indikator dari tingginya kecerdasan spiritual seseorang. Seseorang yang tidak bisa menunjukkan sikap atau karakter rendah hati , berarti belum mencapai kedamaian dengan dirinya.

Dari hasil riset yang dilakukkan oleh Gay Hendrick, PhD dan Kate Ludeman, PhD terhadap 800-an manajer perusahaan yang meraka tangani selama 25 tahun, salah satu kesimpulannya adalah bahwa para pemimpin yang berhasil membawa perusahaan atau organisasi ke puncak kesuksesan biasanya adalah pemimpin yang sukses ini ternyata memiliki kecerdasan spiritual yang jauh lebih tinggi dari manusia rata-rata.
Berikut ini adalah sejumlah karakteristik atau ciri-ciri dari seseorang yang memiliki sifat rendah hati. Jika kita memiliki salah satu aja dari ciri-ciri ini, berarti kita memiliki kecerdasan spiritual yang lebih baik dibanding kita tidak memilikinya.

- Mau melayani
- Memandang individu Unik, Istimewa dan Penting
- Mau Mendengar dan Menerima Kritik
- Menang Tanpa Ngasorake dan, Ngalah Tapi Ora Kalah
- Berani Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf
- Rela Memaafkan
- Lemah Lembut dan Penuh Pengendalian Diri
- Utamakan Kepentingan Yang Lebih Besar

Rendah hati tentunya tidak sama dengan rendah diri. Dengan rendah hati orang mau memahami orang lain. Dengan rendah hati, orang juga mau menghormati orang lain, mau mendengarkan orang lain bahkan mau belajar dan juga mau bekerja sama dengan orang lain.

Rasa rendah hati bisa  membuat orang tidak merasa lebih dalam segalanya dan lalu menganggap orang lain tidak penting. Dengan rendah hati pula orang bisa menjadi lebih maju karena ia merasa masih kurang dalam segala hal, dan itu dapat memicu diri untuk lebih maju.

Dari berbagai sumber
London, 17 September 2011

Sumber
Nizma Agustjik pada 17 September 2011 jam 18:30 

Teh Nizma in Red


Tidak ada komentar:

Posting Komentar